Surga Selancar Di Pantai Plengkung Banyuwangi

317 views

 

Pantai Plengkung Banyuwangi - Bagi para penakluk ombak, pernah dengar dengan si G Land asal banyuwangi? Buat yang ngaku jago selancar dan pernah naklukin semua ombak, jangan bilang jago kalau berlum bertemu dengan G land atau Pantai plengkung Banyuwangi. Pantai plengkung Banyuwangi memang terkenal dengan ketinggian ombaknya yang bisa memicu adrenalin bagi para pecinta olahraga selancar. Ketinggian ombak yang bisa mencapai hingga 6 meter dan berlapis hingga 7 lapis sangat sayang untuk dilewatkan terutama bagi para peselancar.

Setiap tahun tak pernah terlewatkan ombak bergulung menari di pantai plengkung, terutama pada bulan april hingga agustus yang menjadi bulan puncak dimana ombak terbesar akan muncul dihadapan anda. Yang menariknya lagi, karena pantai plengkung Banyuwangi sangat terkenal karena ombaknya, ombak pun sampai diberi nama oleh wisatawan. Ombak kecil diberi nama chickens, ombak sedang diberi nama speedies dan monkey trees. Dan yang paling besar diberi nama kongs.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Source pasirpantai.com

Bila anda bertanya apakah pantai plengkung Banyuwangi hanya memiliki ombak yang bisa nikmati? Tentu saja tidak. Selain ombak besar, tentunya anda bisa menikmati pemandangan yang tak kalah takjub dibanding pantai – pantai lainnya. Pantai plengkung memiliki air yang benar – benar biru, pasirnya masih sangat putih dan halus apalagi panorama disekitarnya.

Anda juga bisa melihat aktifitas surfing para peselancar ditemani hembusan sepoy angin dan melihat gelombang ombak yang seakan tak pernah putus. Pantai plengkung Banyuwangi bisa dibilang telah menjadi pantai bertaraf internasional, untuk itu kebanyakan restoran dan bar hingga persewaan dikenakan tarif berupa dolar karena memang sangat banyak turis luar negeri yang berkunjung kesana hanya demi menaklukkan ombak pantai plengkung Banyuwangi.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Source pedomanwisata.com

Biasanya para turis domestik tidak sampai menginap, tapi bagi anda yang ingin menginap tentu saja boleh dan sah. Namun cari yang bertarif rupiah saja ya demi menghindari dompet terkuras. Selain tempat makan, bar dan tempat tinggal, di pantai plengkung Banyuwangi juga disediakan persewaan surfing hingga boat tentunya dengan tarif yang berbeda – beda.

Kamu Harus Baca Artikel Ini :  Menilik Panorama Wisata Pantai Batu Licin Malang Selatan

Pantai plengkung Banyuwangi termasuk dalam kawasan tamana nasional alas purwo yang ada di ujung timur pulau jawa. Tak heran jika terkadang wisatawan mendatangi pantai plengkung ini menggunakan boat dari arah pantai di pulau bali. Anda bisa mencapai pantai plengkung dengan dua cara yaitu lewat darat dan lewat laut.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Source www.bromotravelindo.com

Apabila anda memilih jalur darat, anda bisa menggunakan  jasa angkutan umum dengan cara naik bis dari arah banyuwangi menuju kalipahit yang jaraknya sekitar 60 kilometer, dari kalipahit anda bisa melanjutkan menggunakan ojek menuju pasar anyar yang berjarak sekitar 4 kilometer, dari sini terkadang banyak pick up yang menawarkan jasa angkutan menuju pos pancur yang jaraknya kurang lebih 15 kilometer.

Dari sinilah kendaraan tidak boleh beroperasi lagi. Disini anda akan menghadapi dua situasi yaitu berjalan kaki sampai pantai plengkung Banyuwangi yang berjarak 9 kilometer, atau menyewa kendaraan khusus yang disediakan oleh pihak pengelola taman nasional alas purwo. Hal ini dikarenakan jalanan menuju pantai plengkung Banyuwangi sangat tidak mulus dan tidak beraspal, layaknya jalanan offroad.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Source wisatabackpackers.blogspot.com

Namun perlu di ingat, batas penyewaan kendaraan hanya sampai jam 5 sore saja ya. Salah satu kendaraan yang disewakan adalah pickup yang bisa memuat hingga 12 orang dengan tarif sekitar 250 ribu rupiah untuk pulang pergi. Apabila anda ingin menggunakan jalur laut, gunakan perahu nelayan dari pantai grajagan. Pantai grajagan terletak 40 kilometer arah selatan dari kota banyuwangi. Dari pelabuhan grajagan anda bisa menempuh perjalanan sekitar 2 jam menggunakan perahu nelayan.

Mengenai tarif, anda akan dikenakan biaya 5000 rupiah untuk masuk ke taman nasional, dan 5000 rupiah untuk menyeberangi kawasan hutan lindung. Nah seperti itulah pantai plengkung Banyuwangi, menikmai matahari terbit di pantai plengkung Banyuwangi adalah salah satu moment berharga yang bisa anda alami bersama seseorang yang tercinta. Selalu waspada dan hati – hati dengan derasnya gulungan ombak di pantai plengkung Banyuwangi ya.

Kamu Harus Baca Artikel Ini :  Mengenal Lebih Dekat Dengan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Tags: #Pantai Di Banyuwangi #Pantai Indah Di Banyuwangi #Pantai Indah Di Jawa Timur #Pantai Plengkung Banyuwangi

Leave a reply "Surga Selancar Di Pantai Plengkung Banyuwangi"

Author: 
    author
    Seorang mahasiswa yang ingin membuat sebuah perubahan dalam hidupnya untuk menjadi traveller Blogger dan food Blogger.